PWI Paluta Launching Gerakan Literasi dan Kenalkan Jurnalistik Bagi Pelajar SMA Sederajat -->

PWI Paluta Launching Gerakan Literasi dan Kenalkan Jurnalistik Bagi Pelajar SMA Sederajat

Editor:Iwan Susilo
Tuesday, October 11, 2022

PWI Paluta kenalkan ilmu jurnalistik kepada peserta SMA sederajat 


PALUTA | Medan88News: Sebanyak 150 peserta tingkat pelajar SMA sederajat se-Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengikuti Gerakan Literasi dan Pengenalan Jurnalistik sekaligus penandatangan fakta bersama digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Paluta di Aula Kafe Keluarga, Selasa (11/10/2022) pagi.


Kegiatan yang dikemas dalam diskusi tentang jurnalistik dan literasi juga diikuti oleh perwakilan perguruan tinggi, pemerhati pendidikan, komite sekolah, dibuka oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap diwakili Staf Ahli Bupati Amsal Kori Siregar, dihadiri Kadis Pendidikan Paluta, Rektor ITS Paluta dan undangan lainnya


Staf Ahli Bupati Amsal Kori Siregar, saat membuka acara menyampaikan, Pemkab Paluta menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PWI Paluta ini karena seiring dengan program Bupati Paluta dalam rangka meningkatkan kemampuan pelajar dalam bidang pendidikan.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Paluta Tohong Pangondian Harahap  mengatakan, PWI di bawah kepemimpinannya ingin berkonstribusi lebih terhadap dunia pendidikan. Tidak hanya sebatas pemberitaan, tapi juga edukasi literasi melalui karya jurnalistik bagi kalangan pelajar.


Menurutnya pentingnya pendidikan literasi bagi pelajar, terutama sejak dini. Sebab, dari survei yang dilakukan, sejak masa pandemi tingkat minat pelajar Paluta tingkat literasinya rendah.


“Survei dan kajian kami, setelah pandemi terjadi, minat baca rendah. Baru baca buku yang tebal sedikit sudah malas,” ujarnya.


Untuk itu, PWI Paluta mengagas kegiatan Literasi dan Pengenalan Dasar Jurnalistik bagi pelajar sebagai upaya

salah satu cara meningkatkan minat kembali baca dan daya baca, terutama bagi pelajar.


" Ini akan membuka mata adik-adik (pelajar) bahwa menulis itu asyik dan menyenangkan,” ucap Tohong


Peserta juga dimotivasi tentang bagaimana cara menulis, menemukan ide, termasuk adanya sesi berbagi tips dan pengalaman dari narasumber Rence Tua Sitompul dan pemateri lainnya.


Ketua Panitia Lomo Siregar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi, memiliki bekal ilmu jurnalistik dan dapat membranding kegiatan positif. 


Selain itu, dengan memiliki bekal ilmu menulis, para pelajar bisa menyebarkan informasi positif usai mengikuti program kreativitas yang dilakukan PWI Paluta 


Adit, salah satu peserta pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa dengan adanya Gerakan Literasi dan Pengenalan Dasar jurnalistik itu dirinya mampu memperoleh pengetahuan baru.


“Saya merasa cukup senang, karena dengan adanya pengenalan dasar jurnalistik tadi, saya mendapatkan tambahan ilmu tentang literasi dan sejenisnya,” ungkapnya.


Kegiatan PWI Paluta ini dirangkai dengan pembacaan ikrar gerakan literasi dan seluruh peserta membubuhkan tanda tangan di lembaran spanduk sebagai bentuk dukungan untuk Gerakan Literasi melalui Karya Jurnalistik di Paluta.


Umar/M88N