Tabligh Akbar Bersama Enam Organisasi Pemuda - pemudi Kecamatan Barus -->

Tabligh Akbar Bersama Enam Organisasi Pemuda - pemudi Kecamatan Barus

Editor:Iwan Susilo
Tuesday, November 22, 2022

Tabligh Akbar Enam organisasi Kecamatan Barus bersama mahasiswa magister UIN - SU



Barus | Medan88News : Tabligh Akbar bertema 'Pemuda Berilmu dan Bertauhid' dihadiri oleh enam organisasi se-Kecamatan Barus bersama Mahasiswa Magister UIN SU Pascasarjana berlangsung dengan khidmat pada Jumat Malam (18/11/2022). Acara di buka oleh Adintya Salsabilla S.Pd. Tilawah dilantunkan oleh Siti Khairani S.Pd. Keduanya merupakan mahasiswi Pedi A semester 1 UIN SU Pascasarjana. 


Masjid Raya Kota Barus dipenuhi oleh Pemuda/i Islam yang tergabung dalam 6 organisasi Bem STIT Hasiba Barus, Ikatan Pemuda Remaja Mesjid (IPRM) Kecamatan Barus, Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama, Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Pemuda Al-Wasliyah, dan Ikatan Remaja Masjid (IRAMA) Bukit Patupangan.

Ustaz Irvan Mangunsong Amd,A, S.Pd. selaku penceramah mengingatkan akan pentingnya ilmu dan tauhid bagi pemuda/i untuk menghadapi tantangan di masa depan. Beliau berkata “Pemuda hari ini adalah pemimpin di masa mendatang. Pemuda hebat itu adalah mereka yang tidak mengandalkan orang lain, tidak mengandalkan deking, melainkan pemuda yang mampu berdiri di atas kaki sendiri”, ungkapnya 


Acara dimeriahkan dengan pemberian hadiah bagi yang bertanya berupa tiga buku karya Ustaz Irvan Mangunsong yang berjudul 'Mengenal Iman dan Islam', Bahagialah,  dan Kamu Wanita Mulia.


Ketua BKM Raya Barus sangat menyambut baik acara tersebut. Ia berharap agar acara ini sering diadakan bagi pemuda/i di Barus. Terlebih ketika bangunan Masjid Raya yang baru selesai.


Ketua Pemuda Muhammadiyah, Prana Ahadi Simamora menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mahasiswa Magister UIN SU Medan, khususnya kepada Ustaz Irvan Mangunsong yang telah mengunjungi kami di Barus ini untuk menyampaikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami dengan tema 'Pemuda Berilmu dan Bertauhid'. 


Ketua GP Ansor, Rahmad Syukran S.Pd.I sangat bersyukur dan berterima kasih kepada mahasiswa Magister UIN SU PascaSarjana yang telah mengadakan Tabligh Akbar di Barus. Menurutnya ajang semisal ini merupakan momentum persatuan pemuda Islam lintas organisasi, memperkuat ukhuwah Islamiyah pemuda di Barus, kegiatan semisal ini mesti digiatkan lagi.


Menurutnya Ketua Pemuda Al Washliyah, Abdul Rahman Samosir, kegiatan yang melibatkan enam organisasi ini sangat luar biasa, karena hal ini sangat jarang terjadi. Harapannya ke depan akan banyak kegiatan sedemikian di Barus.

Ketua IPRM, Sahinuddin Simanjuntak S.Pd mengatakan “Saya merasa tema ini sangat dibutuhkan, dan pasti sangat bermanfaat. Kita mesti mengingatkan pemuda/i kita di Barus, agar tidak terlena dengan kemajuan zaman terlalu jauh, dan meninggalkan semangat menuntut ilmu”, ujar Sahinuddin.


Indra Tanjung, mewakili dari IRAMA mengatakan “Ketika ustaz mengatakan bahwa beliau melihat pelangi di Barus, saya melihat cahaya Islam malam ini bersinar di Barus", ungkapnya.


Syahwan Tumanggor selaku panitia, mahasiswa UIN SU dan pemuda Barus, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh yang ikut andil dalam mensukseskan Tabligh Akbar ini. 


Radjiman/M88N